You need to enable javaScript to run this app.

PKM di SMK IT AlFarabi, Tim Suguhkan Metode Gamifikasi pada Manajemen Edukasi Masa Covid-19

  • Minggu, 25 Juli 2021
  • Humas TSB
  • 68 Views
PKM di SMK IT AlFarabi, Tim Suguhkan Metode Gamifikasi pada Manajemen Edukasi Masa Covid-19
Gambar (Ist): Suasana saat pelaksanaan PKM di SMK IT Alfarabi, Sabtu (24/7/2021).

STKIPTSB.AC.ID | 24/07/2021 – Salah satu tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang lolos hibah internal yang digelar LPPM STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima, mengangkat Judul Workshop implementasi Gamification pada pembelajaran masa covid-19, terjun ke lokasi sasaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (24/7/2021) dan berlokasi di SMK IT Al Farabi.  

 

“Sekolah sasaran berada di Kecamatan Bolo dan sengaja dipilih oleh Tim karena melihat sekolah tersebut sedang berkembang. Tim ini terdiri dari 3 dosen, yaitu, Ita Fitriati, S.Kom., M.T, Sri Hardiningsih Hanafi, M.Pd, dan Pak Khairul Sani, M.Eng. Kegiatan dihadiri oleh 26 Guru SMK IT Alfarabi,” ungkap Ketua Tim, Ita Fitriati pada media ini via akun whatsappnya, Sabtu (24/7/2021).

 

Ia menjelaskan bahwa saat kegiatan Kasek sasaran, Kartini, S.E, menyambut baik dan berterimakasih karena telah memilih sekolahnya untuk dijadikan tempat pengabdian. Kegiatan itu sangat dibutuhkan oleh guru maupun siswa pada masa pandemi.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi untuk guru guru agar bisa memahami satu metode baru yang sesuai dengan masa pandemic sekatang, guru diharapkan bisa mengimplementasikan konsep gamifikasi ini ke siswanya, dalam rangka meningkatkan gairah belajar siswa,” jelas Ita Fitriati.

 

Metode gamifikasi pada manajemen edukasi merupakan sebuah metode pembelajaran baru dengan mengadaptasi dari elemen-elemen karakteristik dalam game yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajarannya. Sehingga, murid yang merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya ataupun konvensional kini dapat meningkat semangat belajarnya dengan fitur-fitur game yang diterapkan dalam metode tersebut. Seperti, pemberian reward atau hadiah, dan kuis interaktif akan menambah semangat siswa dan memotivasi untuk meningkatkan eksplorasi pada proses pembelajaran yang nantinya akan meningkatkan produktivitas siswa.

 

“Pihak sekolah juga mendapatkan manfaatnya dengan meningkatnya proses pembelajaran yang sebelumnya terasa monoton, dan akan menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki wawasan yang luas serta berbobot sebagai bekal di dunia kerja nantinya. Melalui sebuah game, para siswa dapat menjalani kegiatan belajar mengajar secara santai dan menyenangkan. Selain itu, game juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan siswa melalui proses bermain tersebut, seperti urutan permainan, keterampilan verbal, visual, kinetik, dan aktivitas berbasis game lainnya,” paparnya.

 

Dengan sebuah permainan edukasi tersebut, lanjut sosok yang akrab disapa Ita itu, diharapkan para siswa akan menjadi lebih tertarik untuk belajar sambil bermain. Para guru juga bisa memanfaatkan permainan edukasi ini untuk membantu proses belajar mengajarnya agar menjadi lebih interaktif walau tanpa tatap muka. Sehingga, melalui kegiatan ini pendidik diharapkan mampu mempunyai kecapakan dalam mengaplikasikan game dalam proses pembelajaran nantinya

 

Ketua Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., yang diwakili oleh Ramli, M.Pd., saat kegiatan menyampaikan bahwa STKIP Tamsis Bima terus berkembang dan konsen terhadap pendidikan, dan teknologi informasi. Berbagai kerjasama pengabdian dan inovasi yang dilakukan, baik dengan instansi pemerintah daerah, propinsi maupun kementerian.

 

Selain itu telah melakukan kerjasama pengabdian, dan riset baik di perguruan tinggi dalam negeri dan telah dilakukan Penandatangan MoU dengan 5 Perguruan tinggi luar negeri. STKIP Tamsis Bima berusaha berkembang untuk kemajuan pendidikan yang beradab, dan peluang beasiswa yang ditawarkan stkip taman siswa sangat terbuka lebar bagi siswa SMK/SMA untuk melanjutkan Ke jenjang perguruan tinggi. (TSB02)

Bagikan artikel ini:
Dr. Ibnu Khaldun, M.Si.

- Ketua -

STKIP Taman Siswa Bima saat ini mengemban visi untuk "MENJADIKAN PERGURUAN TINGGI PENDIDIKAN BERADAB DENGAN KEUNGGULAN KEWIRAUSAHAAN PADA TAHUN 2025".…

Berlangganan
Banner